Selasa, 15 Januari 2013

Lima Detik Menuju Kesuksesan : Seni Mengingat Nama

 

 

logo_gunadarma1

 

Nama : Hendriansyah Alrofia Rizki

Kelas : 3KB01

NPM : 29110271

 

Lima Detik Menuju Kesuksesan

Lima detik! itulah waktu buat Anda untuk membuat kesan pertama yang hebat. Lima detik adalah waktu yang diperlukan untuk memperkenalkan diri dan mengingat nama seseorang. Lima detik! Adakah cara lain yang lebih cepat untuk memulai hubungan bisnis atau sosial yang berhasil?

Penulis terkenal dan pembicara publik Dale Carnegie mengatakan,”Suara paling manis dalam bahasa apapun adalah nama seseorang.” Tak diragukan lagi. Orang merasa tersanjung ketika Anda mengingat namanya. Manakala Anda mengingat nama seseorang yang baru saja Anda jumpai, Anda membuatnya merasa penting dan istimewa serta menambah kehangatan dan keramahan pribadi Anda ke dalam percakapan. Mengingat nama juga menunjukkan bahwa Anda mendengarkan, membangun hubungan baik dengan kenalan-kenalan baru, dan membantu mengatasi kendala alami yang memisahkan orang yang tidak saling mengenal.

 

Langkanya Ingatan yang Baik Tentang Nama

Sudah berapa kali Anda berbicara dengan sesorang yang telah Anda kenal sebelumnya--mungkin lebih dari sekali--tetapi Anda tidak dapat mengingat namanya? atau Anda saling memperkenalkan teman atau kenalan, dan nama salah seorang hilang dari ingatan Anda? atau Anda pergi ke sebuah pesta dan Anda diperkenalkan kepada seseorang dan lima detik kemudian Anda tidak ingat namanya? atau mungkin Anda melihat seorang klien, dan Anda tidak ingat namanya sehingga Anda sulit untuk memperkenalkannya kepada pimpinan Anda? Oleh karena ingatan Anda buruk, Anda merasa malu dan menghindari orang-orang yang telah Anda kenal, demikian pula kenalan-kenalan baru,karena Anda melukai perasaan mereka dengan melupakan nama mereka.

 

Mengapa Kita Lupa Nama Orang?

Alasan paling umum lupa terhadap nama adalah tidak fokus pada saat perkenalan sehingga Anda tidak pernah mendengarnya sejak awal. Anda terlalu sibuk memikirkan apa yang akan Anda katakan selanjutnya atau khawatir dengan apa yang akan dipikirkan orang lain terhadap Anda. Bicara sendiri yang kontraproduktif ini berbunyi seperti “Apa yang akan saya katakan setelah saya mengatakan halo?”, “Apakah rambut saya kelihatan baik?”, “Saya tidak ingin terlalu berani”, “Saya yakin saya akan mengatakan sesuatu yang bodoh”, “Saya berharap memberi kesan yang baik”,”Saya ragu apakah…”

Gangguan lain seperti musik yang keras atau orang-orang yang sedang berbicara juga dapat menyebabkan Anda tak bisa menangkap nama. Akan tetapi, tidak adanya ketertarikan adalah alasan terburuk bagi kendala memfokuskan pada nama seseorang. Jika Anda berkata pada diri sendiri, “Barangkali saya tidak akan pernah melihat orang ini lagi,jadi kenapa saya harus repot-repot mengetahui namanya”, berarti Anda menyiapkan sebuah percakapan yang singkat,kacau,dan impresonal. 

 

Strategi Lima Detik Menuju Kesuksesan

Gunakan strategi lima detik berikut ini untuk mengingat nama untuk pertama kalinya :

  1. Detik Pertama   : Fokus pada saat perkenalan,
  2. Detik Kedua       : Jangan memikirkan apa yang akan Anda katakan—simaklah namanya,
  3. Detik Ketiga     : Ulangi nama itu “keras-keras”—seperti hubungkan namanya dengan sebuah ciri di wajahnya,
  4. Detik Keempat  : Pikirkan seseorang yang Anda kenal yang sama namanya,
  5. Detik Kelima     : Gunakan nama itu selama dan pada akhir percakapan

 

Daftar Pustaka :

Gabor, Don.2008.Bagaimana Memulai Pecakapan dan Menjalin Persahabatan.Jakarta:Ufuk Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar